Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

blog-thumb
  • Administrator
  • 26 September 2023

Kemenhub Lantik 92 Perwira Pandu Tk. II Angkatan LIII-LV

Siap dukung dan prioritaskan keselamatan dan keamanan pelayaran di Indonesia, Kementerian Perhubungan melantik 92 Perwira Pandu pada Selasa, 26 September 2023. Tiga Perempuan Perwira Pandu yang turut dilantik menjadi salah satu sorotan utama, di mana pelantikan ini menunjukkan komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam mendukung peluang yang adil bagi perempuan untuk menjadi pandu. Hal ini turut menjadi kebanggaan bertepatan dengan momentum Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023.

54 dari 92 Perwira Pandu Tk II yang dilantik merupakan lulusan dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) Jakarta. Mereka telah menyelesaikan proses seleksi, pendidikan, dan pelatihan selama kurang lebih 5 bulan. Pertama, para calon Perwira Pandu harus mengikuti seleksi tulis, kesehatan, wawancara, dan psikotest yang dilaksanakan oleh Direktorat Kepelabuhanan, Ditjen Hubla. Selanjutnya, mengikuti pembelajaran teori selama 2 bulan di BP2TL Jakarta dan Praktek Memandu Kapal sebanyak 90 pergerakan di daerah pelayaran Tanjung Perak, Surabaya. Setelah itu, dilakukan ujian Modelling, ujian LSP, dan ujian Makalah.

Ditetapkannya 151 wilayah sebagai perairan wajib pandu, menyebabkan proyeksi kebutuhan Perwira Pandu yang luar biasa. Ditjen Perhubungan Laut secara bertahap dan berkesinambungan akan terus mencetak Perwira Pandu yang profesional, handal, dan berdaya saing di kancah internasional. Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc menyampaikan pesan khusus kepada para Pandu untuk menjadi Pandu yang CARE yaitu Pandu yang memiliki jiwa